INFO & NEWS

TIPS MEMILIH CUPANG ADUAN DARI LUBUKAN

Pemilihan ikan memang bukan hal yang mudah, tanpa ketelitian yang benar dapat berakibat kesiasiaan. Biasanya akan ada beberapa calon perwakilan dari setiap lubukan yang akan dicoba terlebih dahulu di arena, tak jarang ada lubukan yang gagal, yang berujung dibuang. Setelah mendapatkan lubukan terbaik, langkah berikutnya adalah menssortir semua ikan yang ada untuk dinaikan ke dalam ren

Dimulai dari memilih semua ikan jantan dan betina. Jantan akan terlihat sedikit lebih kurus dari pada ikan betina, namun memiliki warna tubuh yang lebih indah dibanding betina. Setelah itu kita mulai dari bagian yang paling penting yaitu

1. Insang ikan, pastikan insang tutup dan membuka dengan sempurna
2. Mata ikan tidak buta / rusak
3. Ring bibir ikan sempurna
4. Postur tubuh yang normal ( tidak ada bagian yang cacat / tidak penyakitan )
5. Ekor, dasi dan sirip ikan, pastikan semua berfungsi dengan baik.

Untuk point no.5, dasi yang terlalu panjang umumnya akan dipotong sedikit, karena dasi yang terlalu panjang dapat berakibat fatal jika ikan lawan berhasil melakukan serangan dan menariknya.



SEMUA AIR TAWAR ADALAH SAMA?

Jika anda menjawab iya, maka anda salah besar. Cupang merupakan ikan yang hidup di air tawar, namun bukan bearti ikan cupang yang baru anda miliki cocok dengan segala jenis air tawar. Air menjadi masalah pokok yang perlu diperhatikan oleh kita semua sebagai pemain cupang aduan.

Misalkan anda baru membeli ikan dari salah satu daerah, pastikan anda lakukan ren paling tidak 3 - 10 hari, kenapa demikian? layaknya makhluk hidup yang berpindah tempat, pastinya akan membutuhkan penyesuaian diri dengan lingkungan baru.

Loh, ini kan ikan bagus, sudah sering menang disana. Ya memang benar ikan yang anda beli memiliki catatan rapor yang bagus. Perlu diperhatikan bahwa, kandungan air seperti asam, mineral, zat kapur dan lain sebagainya yang ada di daerah sana dan daerah anda mungkin berbeda, meskipun hanya berjarak 1 kampung. Kuranganya adaptasi ikan pada lingkungan, akan menyebabkan ikan stress yang pada akhirnya membuat ikan tidak dapat memberikan performa maksimal pada saat di arena. Oleh karena itu, lebih dianjurkan untuk melakukan ren terlebih dahulu agar ikan beradaptasi dengan lingkungan sebelum memulai masa training.

Pada setiap pertarungan di arena, umumnya setiap ikan akan mendapatkan jatah 1 - 2jam untuk beradaptasi dengan air di arena sebelum memulai pertandingan, Namun pada akhirnya semua keputusan berada ditangan anda, semoga artikel diatas membantu anda dalam merawat ikan cupang.